Tak Ada yang Mampu Mengubah Ketentuan Allah

سَوَائِقُ الْهِمَمِ لَا تَخْرِقُ أَسْوَارَ الْأَقْدَارِ.

“Himmah yang kokoh takkan mampu menembus dinding takdir.”

Penjelasan: Sebagian orang ada yang memiliki hasrat cukup tinggi. Sampai ada yang berkhayal, bahwa mereka mampu untuk mengubah hukum alam (sunnatullah) dalam waktu cepat. Pemikiran semacam ini muncul dari keinginan untuk melakukan perubahan tanpa diimbangi dengan data yang kuat tentang serangkaian sebab dan akibat yang mungkin terjadi. Seakan-akan mereka melupakan firman Allah Ta’ala berikut ini,

وَمَا تَشَاءُوْنَ إِلَّا أَنْ يَشَاءَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ.

“Dan kamu tidak dapat menghendaki (menempuh jalan itu), kecuali apabila dikehendaki oleh Allah, Rabb seluruh alam.” (at-Takwir: 29)

===========

Tak Ada yang Mampu Mengubah Ketentuan Allah

Dalam kehidupan ini, seringkali kita dihadapkan pada realitas bahwa ada batasan-batasan yang tidak dapat kita langgar, salah satunya adalah ketetapan takdir.

pendapat ini mengajak kita untuk merenungkan tentang konsep kehendak bebas dan takdir. Di satu sisi, kita diajarkan untuk berusaha dengan sekuat tenaga, mengembangkan potensi diri, dan berhasrat tinggi dalam mencapai tujuan. Namun, di sisi lain, kita juga harus menyadari bahwa ada hukum alam atau sunnatullah yang berlaku, yang tidak bisa kita ubah hanya dengan keinginan semata.

Informasi pendaftaran Pondok Tahfidz OSB➡️

Firman Allah Ta’ala dalam surah at-Takwir ayat 29,

“وَمَا تَشَاءُوْنَ إِلَّا أَنْ يَشَاءَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ,”

Mengingatkan kita bahwa apa yang kita inginkan hanya akan terjadi jika Allah menghendakinya. Ini bukan berarti kita harus pasrah dan tidak berusaha, melainkan sebuah pengingat bahwa hasil akhir dari segala usaha kita tetap berada dalam genggaman ketentuan-Nya.

Ketetapan takdir adalah bagian dari misteri kehidupan yang tidak sepenuhnya dapat kita pahami, namun dengan merenungkan dan mempelajarinya, kita dapat menemukan kebijaksanaan yang membimbing kita dalam menjalani kehidupan dengan lebih baik. Mari kita bersama-sama menelusuri dan memahami lebih dalam tentang hikmah di balik ketetapan takdir.

Informasi pendaftaran Pondok Tahfidz OSB➡️

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Alhikam #1 Bersandar Diri Hanya Kepada Allah

Dalam konteks spiritual Islam, konsep bersandar hanya kepada Allah merupakan prinsip yang…